Inilah 10 Ciri-Ciri Guru Profesional


Situspendidik - Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang telah berjuang mendidik dan menjadikan anak-anak didiknya sebagai generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti yang luhur. Guru merupakan komponen yang sangat penting dalam dunia pendidikan dan proses belajar mengajar. Tugas seorang guru sangatlah berat, jadi sudah selayaknya jika seorang guru dihormati dan dikenang jasanya sampai kapanpun juga.

Berbicara tentang guru, disini saya akan membahas tentang 10 Ciri-Ciri Guru Profesional. Untuk menjadi  seorang guru profesional tidaklah mudah. Karena ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh seorang guru untuk menjadikan ia sebagai seorang guru yang profesional. Guru profesional adalah semua orang yang mempunyai kewenangan dan tanggung jawab terhadap pendidikan para siswa, baik secara individual maupun klasikal. Hal ini berarti bahwa guru, harus memiliki minimal dasar kompetensi sebagai bentuk wewenang dan kemampuan di dalam menjalankan tugas-tugasnya. Kompetensi guru adalah suatu keahlian yang wajib dan harus dimiliki oleh guru, baik dari kemampuan pengetahuan, kemampuan dari segi keterampilan dan tanggung jawab pada murid-murid yang di didiknya, sehingga dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik dapat berjalan dengan baik.

10 Ciri-Ciri Guru Profesional
Image from : cozacares.co.za

Adapun 10 Ciri-Ciri Guru Profesional bisa anda simak penjelasannya dibawah ini :

1. Selalu punya energi untuk siswanya

Ciri-ciri guru profesional yang pertama adalah bahwa seorang guru profesional selalu menaruh perhatian pada siswanya di setiap percakapan ataupun ketika dalam hal diskusi dengan siswanya. Guru yang baik dan profesional juga mempunyai kemampuam mendengar dengan seksama, mendengar apa yang dikeluhkan oleh anak didiknya, dan bisa menjadi motivator bagi semua anak didiknya. Selalu mempunyai energi positif untuk para siswanya

2. Memiliki Tujuan yang jelas dalam pelajaran

Seorang guru yang profesional selalu menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan selalu bekerja keras untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap pelajaran. Jadi memiliki tujuan yang jelas sangat penting dalam proses belajar mengajar.

3. Mempunyai keterampilan mendisiplinkan yang efektif

Seorang guru yang profesional akan memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa  menunjukkan perubahan perilaku positif di dalam kelas. 

4. Mempunyai keterampilan manajemen kelas yang baik

Seorang guru yang profesional memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik, pengaturan kelas sangat diperhatikan oleh seorang guru profesional.


5. Bisa berkomunikasi dengan baik bersama orang tua murid

Seorang guru yang profesional selalu menjaga komunikasi terbuka dengan para orang tua murid dan membuat mereka selalu update informasi tentang apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan masalah lainnya. Mereka membuat diri mereka selalu bersedia memenuhi  panggilan telepon, rapat, email dan sekarang, twitter.

6. Mempunyai harapan yang tinggi pada siswanya

Seorang guru yang profesional selalu memiliki harapan yang tinggi dari siswanya dan mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka. 

7. Memahami tentang Kurikulum

Seorang guru yang profesional selalu memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga  memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu.

8. Mengetahui tentang subyek yang diajarkan

Hal ini mungkin sudah jelas, tetapi kadang-kadang diabaikan. Seorang guru yang profesional memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.

9. Memberikan yang terbaik untuk anak didik dalam proses pengajaran

Seorang guru yang profesional selalu bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak didik. Mereka gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan  mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa. 

10. Mempunyai hubungan yang berkualitas dengan siswa

Seorang guru yang profesioanl juga mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.

Itulah  10 Ciri-Ciri Guru Profesional yang dapat saya bagikan kepada anda, mudah-mudahan bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Response to "Inilah 10 Ciri-Ciri Guru Profesional"

Post a Comment