Pengertian DAPODIK

Situspendidik - DAPODIK atau singkatan dari Data Pokok Pendidik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif ( sumber : wikipedia ). Dengan demikian sudah sangat penting dalam sistem pendidikan harus ada yang namanya DAPODIK ini. Sehingga dengan adanya DAPODIK ini perencanaan pendidikan akan menjadi matang dan berkualitas. Karena jika perencanaan pendidikan tidak matang, maka seluruh program yang telah terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari apa yang diharapkan.

Pengertian DAPODIKDemi melaksanakan perencanaan pendidikan dan juga melakukan program-program pendidikan agar tepat pada sasaran, maka dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date. Nah dengan adanya data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan up to date tersebut, maka seluruh proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka Departemen Pendidikan Nasional telah mengembangkan suatu sistem pendataan skala nasional yang terpadu dan disebut dengan Data Pokok Pendidikan atau yang lebih kita kenal DAPODIK.

Lalu apa saja elemen-elemen yang termasuk kedalam DAPODIK ini ? Nah dibawah ini merupakan elemen yang termasuk kedalam DAPODIK :

1. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

NPSN atau singkatan dari Nomor Pokok SekolahNasional merupakan kode pengenal sekolah yang bersifat unik dan membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya. Tiap sekolah akan memiliki NPSN yang berbeda. Dengan adanya NPSN ini akan lebih mudah mengenali apa saja data yang terkait dengan Nomor Pokok Sekolah secara nasional.

2. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)

NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) adalah nomor identitas yang bersifat nasional untuk seluruh PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan). NUPTK ini merupakan gabungan beberapa angka yang menjadi kode pengenal guru dan tenaga kependidikan yang bersifat unik guna membedakan satu guru dengan guru atau tenaga kependidikan yang lainnya.

3. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

NISN merupakan gabungan angka-angka unik yang membedakan antara satu siswa dengan siswa lainnya. NISN berfungsi sebagai tanda pengenal bagi siswa yang nomor tersebut merupakan nomor induk bagi siswa berskala nasional. Setiap siswa memiliki NISN yang berbeda-beda.

Seiring dengan adanya kemajuan dan perkembangan Ilmu Teknologi Komputer, jaringan sistem pendataan DAPODIK juga dilaksanakan dengan menggunakan cara online, artinya sekolah hanya perlu membentuk atau menunjuk seseorang yang bisa mengolah data serta memahami sistem yang ada pada Aplikasi Pendataan DAPODIK. Hal ini biasanya adalah kerja dari seorang Operator Sekolah.

Demikianlah sedikit informasi tentang Pengertian DAPODIK yang dapat saya sampaikan kepada anda semua, mudah-mudahan bermanfaat.

Berlangganan update terbaru secara gratis:

0 Response to "Pengertian DAPODIK"

Post a Comment